Manfaat Buah Dewa Tin

Manfaat Buah Dewa Tin

manfaat-buah.org Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Manfaat Buah Dewa Tin. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Manfaat Buah Dewa Tin

Kandungan Buah Tin
Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat. Buah tin juga disebut sebagai buah ara atau disebut dengan fig dalam Bahasa Inggris. Buah tin sudah ada sejak dulu kala, bahkan disebutkan dalam Alquran. Dalam sebuah hadist, tin adalah salah satu buah yang diturunkan dari surga. Hal inilah yang kemudian membuat buah tin dijuluki sebagai buah surga.

Buah tin memiliki kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah tin antara lain: Vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Terdapat juga kandungan mineral meliputi tembaga, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium.Buah tin juga mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Karotenoid yang terkandung dalam buah tin berupa beta-karoten, dan juga lutein dan zeaxanthin. Buah tin juga merupakan buah yang rendah kalori dan tidak memiliki kandungan lemak.

Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan
Buah tin termasuk buah yang sudah sangat tua di dunia, bahkan dipercaya sudah ditemukan pada 5000 SM. Tidak heran jika sudah banyak orang mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah berbagai manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah tin yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Buah tin merupakan sumber kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah, karena cenderung dapat mencegah efek berbahaya dari natrium. Seperti kita tahu, kita selalu bergantung pada makanan olahan yang memiliki kandungan natrium tinggi atau secara awam disebut garam.Jadi, rutin mengonsumsi makanan kaya akan kalium seperti buah tin, sangat penting, karena dapat membantu melancarkan peredaran darah.

3. Mengatasi Sembelit
Buah tin mengandung serat yang banyak. Konsentrasi serat yang tinggi ini membantu meningkatkan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah sembelit.Berkat kandungan seratnya, manfaat buah tin dapat membantu pergerakan usus, sehingga tidak hanya mencegah sembelit tetapi juga bisa mengatasi diare dan pergerakan usus yang tidak sehat atau tidak teratur.

4. Mengatasi Anemia
Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kekurangan sel darah merah dalam tubuh atau anemia adalah kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor.Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan juga multivitamin dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit pun akan naik.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat buah tin juga dipercaya sebagai makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.Makan makanan tinggi garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium, untuk itu imbangi dengan mengonsumsi buah tin karena dapat dicegah oleh kalium yang terdapat dalam buah tin.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat buah tin yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Buah tin dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penyakit penyebab seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan. Khasiat buah tin ini berkat kandungan di dalamnya, seperti vitamin A dan karotenoid.

7. Pengobatan Radang Tenggorokan dan Amandel
Radang tenggorokan adalah kondisi yang tidak dapat disepelekan karena sangatlah mengganggu dan juga menyebabkan seseorang sulit makan. Buah tin yang diolah menjadi jus dapat menenangkan tenggorokan dan menurunkan rasa sakit di tenggorokan.Selain itu, khasiat buah tin juga dipercaya dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan amandel.

8. Mengatasi Masalah Saluran Pernapasan
Manfaat buah tin dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi gejala asma. Masalah pernapasan lainnya seperti flu dan batuk serta bronkitis juga dapat diredakan oleh buah tin.Buah tin juga dapat melembapkan selaput lendir dalam sistem pernapasan sehingga membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu kerja sistem pernapasan.

9. Mengatasi Insomnia
Tidur yang berkualitas merupakan salah satu kunci dari tubuh yang sehat. Agar gangguan tidur dapat teratasi, Anda bisa mencoba menambahkan buah tin ke dalam menu makanan harian Anda. Buah tin memiliki kandungan asam amino berupa triptofan yang dapat memicu produksi hormon melatonin, merupakan hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

10. Mengatasi Disfungsi Ereksi
Para pria wajib tahu tentang khasiat yang satu ini! Ternyata khasiat buah tin bisa membantu mengatasi masalah seksual, yang sudah dipercaya sejak dulu.Rutin makan buah tin dapat mengatasi masalah disfungsi ereksi. Bahkan di beberapa negara, buah tin dijadikan sebagai salah satu bahan obat kuat karena dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

11. Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dan gula dalam buah tin bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Berkat kedua kandungan ini, manfaat mengonsumsi buah tin sebelum beraktivitas bisa meningkatkan energi dalam tubuh Anda.Nah, ini bisa jadi alternatif sarapan. Anda bisa menjadikan buah tin sebagai selai untuk roti, jus, atau dimakan utuh.

12. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Kandungan multivitamin dan mineral dalam buah tin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Antioksidan dalam buah tin juga membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh.Maka dari itu, manfaat buah tin dapat membantu menjaga kesehatan Anda, termasuk meningkatkan sistem imun agar berbagai macam patogen tidak dapat menyerang dan menginfeksi tubuh.

13. Mencegah Kanker Usus Besar
Makan tin secara teratur dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Serat dalam buah surga ini bisa membantu membuang limbah dalam tubuh dengan cepat, yang bekerja dengan baik untuk pencegahan kanker usus besar.Banyaknya biji dalam buah ini mengandung tinggi musin yang dapat mengumpulkan limbah dan lendir di usus besar dan mengeluarkannya.

14. Mencegah Kanker Payudara
Seperti disebutkan sebelumnya, buah tin mengandung tinggi serat. Wanita yang mengonsumsi lebih banyak serat makanan selama masa remaja dan dewasa awal dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.Ekstrak tin atau tin kering diketahui mengandung unsur-unsur yang dapat membantu mencegah kanker payudara pasca-menopause.

15. Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes
Selain buahnya yang bermanfaat, daun tin yang tinggi serat juga berkhasiat membantu mengontrol kadar gula darah penderita diabetes. Daun tin mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes yang harus mendapat suntik insulin secara teratur.Daun tin juga kaya akan kalium, yang membantu mengatur jumlah gula yang diserap tubuh setelah makan. Kalium dalam jumlah banyak dapat memastikan lonjakan dan penurunan gula darah.

16. Mengatasi Wasir
Khasiat buah tin kering dapat mengobati wasir. Buah ini melunakkan feses, yang mengurangi tekanan pada dubur. Konsumsilah dua kali sehari dengan merendam tiga hingga empat tin dalam air. Anda juga bisa minum rendaman air tin. Biji tin adalah agen aktif yang dapat mencegah wasir.Rendamlah tin dalam segelas air selama sekitar 12 jam sebelum dikonsumsi. Makan sekali di pagi hari dan kemudian di malam hari.

17. Mengurangi Gejala Alzheimer
Khasiat buah dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk meredakan peradangan saraf. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa buah ini mampu mengurangi peradangan sitokin selama penuaan. Itu artinya memiliki efek menguntungkan pada penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer untuk manusia. Namun, penelitian masih terbatas pada hewan dan masih memerlukan penelitian lanjutan.

18. Menurunkan Berat Badan
Tin adalah sumber serat, yang dapat membantu mengontrol berat badan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makanan berserat tinggi membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, itulah sebabnya buah ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan.Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, diet kaya serat dapat membantu mengurangi berat badan. Tetapi karena tin kering juga berkalori tinggi, pastikan makan dalam jumlah sedikit secara teratur.

19. Mencegah Kulit Keriput
Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak tin memiliki efek anti-oksidan dan anti-kolagenase pada kulit yang keriput dan mengurangi kedalaman kerutan.Sementara dalam penelitian lain, menemukan bahwa ekstrak tin dapat menurunkan melanin kulit, kehilangan air trans-epidermal, sebum kulit secara signifikan, dan meningkatkan hidrasi kulit. Oleh karena itu, tin dapat digunakan sebagai obat untuk hiperpigmentasi, jerawat, bintik-bintik, dan kerutan.

Baca Juga :Buah Goji Awal Bulan Beri

20. Meremajakan Kulit
Khasiat buah tin bagus untuk kulit, entah memakannya atau mengoleskannya sebagai masker untuk membuat kulit cantik.

Bila ingin menggunakan masker tin, ambil satu tin besar atau dua tin kecil. Tumbuklah hingga halus dan tambahkan satu sendok teh madu atau yogurt, kemudian pada wajah dan biarkan selama 5 menit. Setelah kering, cucilah dengan air hingga bersih. Anda bisa melakukannya hingga mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

21. Membantu Pertumbuhan Rambut
Rambut rontok biasanya terjadi karena kekurangan nutrisi dalam tubuh. Sebagai solusinya, buah ini juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, karena mengandung nutrisi baik untuk rambut seperti magnesium, vitamin C, dan vitamin E.

Nutrisi penting dalam buah berbiji banyak ini juga dapat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara Mengonsumsi Buah Tin
Buah tin segar dapat disantap secara langsung. Anda juga bisa mengolahnya sebagai jus atau mencampurkannya dengan buah lain menjadi salad buah. Ketika belum memasuki musimnya, maka akan lebih mudah untuk menemukan buah tin kering. Buah tin segar maupun kering sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Berikut beberapa tips cara mengonsumsi buah tin:

1. Jus dan Milkshake
Mereka yang tidak menyukai susu biasa membuat milkshake atau smoothie dari buah buah tin. Anda bisa menambahkan dengan biji dan kacang-kacangan. Bagi Anda yang suka jus, buatlah segelas jus tin segar, atau bisa ditambahkan buah-buahan lain seperti apel, delima, jeruk atau buah musiman lainnya.

2. Sarapan Sereal
Mereka yang suka sarapan yang sehat seperti sereal, cobalah tambahkan buah tin dan kacang sebagai toppingnya. Anda akan menuai khasiat buah tin yang bagus untuk kesehatan.

3. Salad
Anda juga bisa membuat salad dengan mencampurkan potongan tin kering untuk menambahkan rasa manis dan renyah. Anda bisa bisa karamelisasi buah ara segar dan dicampurkan bersama dengan daun salad, sayuran, kacang-kacangan dan saus untuk membuat makan siang yang lezat.

4. Tin Panggang
Anda bisa membuat kudapan dari tin yang dipanggang, kemudian ditambahkan pada kue, roti, muffin, kue, pai, dan puding. Sama seperti kismis, kismis juga dapat menambahkan rasa manis dan meningkatkan rasa dari makanan yang dipanggang.

5. Selai Tin
Membuat selai sendiri di rumah mungkin membutuhkan waktu, tetapi ada resep sederhana yang mudah dan cepat lho! Anda bisa membuat selai dari buah tin. Anda hanya perlu menghaluskan tin dengan blender, masak bersama gula hingga mengental.

Efek Samping Buah Tin
Selain khasiat buah tin yang menakjubkan, buah ini juga menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terlalu banyak

1. Sakit Perut
Terlalu banyak makan buah ara ini bisa sangat berat di perut dan bisa menyebabkan sakit perut. Sementara bagi mereka yang menderita sembelit dapat mengambil manfaatnya. Minumlah air dingin setelah makan buah ini untuk membantu mengatasi masalah perut.

2. Perut Kembung
Selain sakit perut, buah ini dapat menyebabkan perut kembung. Jika mengalami kondisi ini, minumlah air adas manis untuk membantu penyembuhan.

3. Sensitivitas pada Paparan Matahari
Meski bermanfaat bagi kulit, buah ini dapat membahayakan kulit karena meningkatkan sensitivitasnya terhadap sinar matahari. Sinar UV berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan kondisi seperti penuaan dini, melanoma, dan kanker kulit. Ini juga dapat menyebabkan ruam kulit.Jadi, hindari paparan sinar matahari yang lama jika makan buah ara secara teratur untuk menghindari masalah kulit.

4. Membahayakan Hati dan Usus
Buah ara bisa berbahaya bagi hati dan menyebabkan penyumbatan di usus karena bijinya. Meskipun mungkin tidak terlihat saat dimakan, bijinya cukup sulit untuk dicerna dengan mudah. Ini adalah salah satu efek samping buah tin paling berbahaya yang harus diwaspadai.

5. Mengganggu Penyerapan Kalsium
Buah ara mengandung oksalat, yang mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Gangguan ini mengakibatkan kekurangan kalsium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tulang rapuh dan penyakit lainnya, terkait dengan kekurangan kalsium.

6. Pendarahan
Bua ara bersifat hangat dan dapat menyebabkan pendarahan. Makan buah ini terlalu banyak dapat menyebabkan pendarahan retina, pendarahan dubur, pendarahan vagina ringan, dan bahkan menyebabkan anemia hemolitik.Jika terjadi pendarahan dubur dan vagina, hentikan konsumsi buah ara dan perhatikan apakah pendarahannya berhenti. Jika tidak, periksakan ke dokter.

7. Bahaya bagi Penderita Gula Darah Rendah
Seperti dijelaskan sebelumnya, buah ara dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Namun, makan buah ara bisa berbahaya bagi mereka yang menderita gula darah rendah. Jika Anda menderita kekurangan kadar gula darah, hindari makan buah ara!

8. Alergi
Alergi terhadap buah ara dapat menyebabkan konjungtivitis, rinitis dan syok anafilaksis, bahkan juga menyebabkan asma. Jika ingin makan buah ara, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter, apakah Anda memiliki masalah alergi terhadap buah ara.

9. Bermasalah bagi Ginjal dan Kandung Empedu
Oksalat dalam buah ara berbahaya bagi mereka yang sudah menderita masalah ginjal dan kandung empedu. Makan buah ara yang berlebihan dapat memperburuk kondisi tersebut. Buah ara juga membahayakan limpa, yang bekerja untuk memproduksi sel darah putih. Langkah teraman adalah menghindari atau mengurangi makan buah ara.