Buah Ceri

manfaat-Buah Ceri

manfaatbuah.org – Buah yang digolongkan dua jenis antara lain, buah ceri yang mempunyai rasa manis dan ceri yang mempunyai rasa asam. Namun kedua jenis ceri ini mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, kalium, serat, dan fitokimia.

Warna merah pada buah ceri berasal dari kandungan antosianin, antioksidan kuat ini membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya, seperti penyakit kardiovaskular, sumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, penyakit Alzheimer, dan radang sendi.

Dua antioksidan kuat lainnya yang dimiliki buah ini adalah hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol. Tak hanya itu, antioksidan pada buah ceri dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada penyakit osteoartritis.

Kandungan flavanoid yang terdapat pada buah ceri juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga

Buah ceri merupakan sumber vitamin C dan kalium yang baik. Manfaat buah ceri dengan kandungan kaliumnya adalah mengurangi risiko hipertensi dan stroke.

Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, pemulihan otot, menjaga hantaran listrik saraf, pencernaan, denyut jantung, dan keseimbangan pH atau asam basa tubuh.

Sementara itu, kandungan vitamin C-nya menjaga sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit kardiovaskular, berbagai masalah kesehatan saat kehamilan, penyakit mata, dan juga keriput pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat buah ceri secara maksimal, Anda juga harus cermat dalam memilih buah ceri yang baik. Belilah buah ceri yang masih segar, dingin dan masih ada batangnya.

Pastikan batangnya masih dalam kondisi baik dan berwarna hijau segar. Buah ceri yang baik biasanya berukuran besar, permukaan kulit ceri berkilau, keras dan berwarna lebih gelap. Jangan memilih buah ceri yang kecil dan lembek atau buah ceri yang sudah cacat permukaannya.

Untuk penyimpanan, simpanlah buah ceri di dalam lemari pendingin atau kulkas dengan terlebih dahulu dicuci dan dibungkus dengan plastik. Buah ceri yang disimpan di kulkas biasanya bisa bertahan hingga satu minggu.

Periksa secara berkala selama penyimpanan, dan buang buah ceri yang sudah terlihat tidak segar. Cuci kembali buah ceri sebelum dikonsumsi.

Banyak sekali manfaat buah ceri bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya baik dalam bentuk buah segar atau pun menambahkannya dalam berbagai hidangan makanan. Rutinlah mengonsumsi buah ceri untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.